Desain Rumah Minimalis Sederhana Prinsip Pembuatannya

desain rumah minimalis sederhana

Desain Rumah Minimalis Sederhana – Prinsip desain rumah dengan gaya minimalis kini amatlah cocok jika diterapkan dalam hunian yang sedang anda bangun untuk tempat tinggal anda. Desain rumah minimalis sederhana mempunyai nilai-nilai artistik serta kesederhaan yang menjadi karakter tersendiri yang melekat padanya. Kesederhanaan tersebut meliputi dekorasi ataupun suasana yang ditimbulkan olehnya. Orang-orang terdahulu banyak sekali yang menerapkan konsep ini sebagai ruangan meditasi. Hal tersebut dikarenakan desain rumah minimalis sederhana juga bersifat membawa ketenangan bagi penghuni rumah.

Pada umumnya dalam menghidupkan tampilan minimalis, anda tidak banyak memerlukan partisi dan dekorasi. Anda hanya perlu membiarkan ruangan tetap apa adanya agar mampu menimbulkan kesan hangat di dalamnya. Namun bukan berarti anda tidak perlu menambahkan furniture yang dibutuhkan. Anda juga perlu menempatkan beberapa furniture di tempat-tempat yang cocok dengan pertimbangan ukuran, jenis, ataupun warna yang disesuaikan dengan desain rumah minimalis.
Berikut ini beberapa tips ampuh jika anda ingin melakukan desain rumah dengan gaya minimalis :

Referensi Desain Rumah Minimalis
Jika anda membutuhkan referensi rumah minimalis, maka lihatlah desain rumah yang biasa digunakan oleh orang-orang Jepang. Desain rumah bergaya Jepang secara umum memanfaatkan material kaca, kayu, tanaman hias, serta beberapa furniture sederhana dalam menyuguhkan aura desain rumah minimalis sederhana yang elegan dan modern. Adapula hiasan yang beurpa ornamen-ornamen yang berupa patung. Patung-patung tersebut dapat diletakkan sebagai hiasan interior ataupun eksterior rumah. Anda juga dapat menambah hiasan bambu dan tanaman hias bonsai sebagai tambaghan untuk mempercantik tampilan desain rumah anda.

Kreatif dalam Menentukan Warna
Pada penggunaan warna dalam desain rumah minimalis sederhana anda tidak hanya dapat menggunakan warna netral dan putih saja. anda juga bisa menggunakan varian warna lainnya seperti warna gelap, warna cerah, dan warna-warna ceria di dalam rumah anda. Misalnya saja anda dapat menentukan satu warna pada bagian dinding rumah. Selanjutnya pada sisi bagian langit-langit, berikan sentuhan warna lainnya. Sebaiknya anda memilih warna-warna yang berbeda pada masing-masing sisi bagian dalam rumah. Anda juga dapat memilih warna kontras yang disesuaukan dengan varian warna lainnya.

Pemilihan Furniture sebagai Pemanis Desain Rumah
Kebanyakan orang berpikir bahwa cara untuk memunculkan ruangan yang nyaman adalah dengan menambahkan icon funiture ke dalam ruangan tersebut. Pendapat semacam ini ada benarnya, akan tetapi khusus dalam cakupan desain minimalis, anda perlu untuk mempertimbangkan penambahan ikon furniture yang tepat untuk desain rumah anda. Pikirkanlah dengan matang tentang ikon furniture yang hendak anda gunakan sebagai pemanis ruangan rumah anda.

Memanfaatkan Unsur Cahaya
Cahaya bukan hanya unsur esensial yang difungsikan sebagai penerangan di dalam rumah. Lebih dari itu, cahaya dapat dimanfaatkan sebagai elemen yang dapat mempercantik suasana di dalam ruangan rumah anda. Jika diatur dengan sangat baik, maka cahaya mampu menyuguhkan suasana rumah yang hangat dan sehat. Anda dapat mengatur beberapa ikon di dalam rumah sebagai media pengatur cahaya yang masuk di dalam rumah anda. Misalnya saja jendela, pintu, ventilasi, lubang udara, dan lain sebagainya.

Jagalah Kebersihan
Seperti apapun uniknya desain rumah anda, semua akan nampak tidak menyenangkan jika ruangan di dalam rumah anda tidak bersih. Pada point ini lebih menekankan kepada aspek kebersihan di setiap sudut rumah. Selain itu penting juga untuk membersihkan ikon furniture yang menunjang keindahan desain rumah. Buanglah barang-barang yang tidak berguna, apalagi yang hanya merusak keindahan desain rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *