Tips Belajar Desain Rumah Secara Otodidak

belajar desain rumah

Belajar Desain Rumah untuk anda yang menyukai dunia desain khususnya desain rumah namun anda tak pernah sekalipun punya pengalaman dan belajar tentang bidang itu? Ingin belajar dengan kursus tapi anda sibuk? Solusi terbaiknya adalah dengan belajar desain rumah secara otodidak. Secara ideal memang betul jika anda ingin memperdalam kemahiran desain rumah adalah dengan belajar secara formal di SMK, kursus, atau berkuliah di konsentrasi keilmuan desain. Namun berbagai kendala teknis seperti kesibukan pekerjaan dan lain sebagainya tentu tidak memungkinkan bagi kita untuk melakukannya. Nampaknya memang belajar desain rumah secara otodidak adalah pilihan yang bisa anda pilih untuk saat ini.

Dalam mempelajari ilmu tentang desain rumah secara otodidak setidaknya anda harus memiliki beberapa pengetahuan dan keterampilan dasar diantaranya ialah kemampuan menggambar desain dengan menggunakan perangkat lunak (software) komputer. Perangkat lunak yang umumnya dipakai dalam menggambar desain adalah Auto Cad. Menguasai penggunaan autocad dalam keterampilan mendesain rumah adalah kemampuan yang wajib anda kuasi terlebih dahulu. Sedangkan dalam hal pengelolaan pekerjaan, anda bisa memakai perangkat lunak microsoft project. Perangkat lunak tersebut bisa anda pergunakan untuk mengatur jadwal pekerjaan anda dari awal sampai dengan akhir. Tak hanya itu, anda juga harus membekali diri dengan beberapa elemen penting yang mendukung dalam keilmuan seni rancangan bangun rumah. Beberapa elemen penting tersebut diantaranya ialah :

Teknik Menggambar Bangunan
Teknik Menghitung RAB Bangun Rumah
Teknik Menghitung Konstruksi Baja, Beton, dan Kayu
Teknik Perhitungan Tanah
Perangkat Lunak (Software) Desain Gambar Auto Cad

Jika anda memiliki referensi lain mengenai elemen penting yang diperlukan dalam desain rumah secara otodidak, silahkan anda tambahkan sendiri pada point-point di atas. Namun beberapa point di atas sudah dirasa lebih dari cukup untuk menjadi bekal awal anda untuk mempelajari desain rumah secara otodidak. Anda juga perlu untuk menambah relasi dan pergaulan dengan para praktisi desain rumah seperti arsitek dan semacamnya. Selain untuk menambah teman dan koneksi, anda juga bisa mendapat kesempatan untuk belajar lebih banyak dengan mereka. Tak menutup kemungkinan bahwa anda juga akan mendapatkan project desain rumah dari rekan anda jika anda dinilai sudah cukup mumpuni dalam bidang ini. Dengan ini anda akan mendapat pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan sebagai arsitek desain rumah.

Anda juga perlu untuk menambah pengetahuan anda tentang desain rumah dari buku-buku, artikel website, dan lain sebagainya. Semua itu akan turut menunjang kemahiran anda dalam mendesain rumah. Melalui referensi berupa buku dan website tentang desain rumah, secara tidak langsung anda juga telah memperoleh informasi terapdate tentang gaya arsitektur desain baik interior ataupun eksterior rumah yang kini sedang digemari banyak orang.

Jika anda serius dan tidak mudah bosan dalam mempelajari bidang desain rumah ini dengan memperhatikan step-step seperti bahasan di atas, bukan tidak mungkin jika anda bisa lebih mahir dibandingkan dengan orang-orang yang menekuni di bidang desain rumah sejak lama dan profesional di bidang ini. Meskipun anda tidak pernah sekalipun belajar desain secara khusus baik formal ataupun non formal. Karena sejatinya desain adalah seni, dan seni merupakan keterampilan yang muncul dari bakat. Karya desain yang baik adalah yang diciptakan dengan dedikasi, kerja keras, ketekunan, pengetahuan, dan disiplin. Bagi anda yang menginginkan jasa desain rumah atau desain bangunan yang lain bisa menghubungi griyarenovasi.com dengan telp / sms / livechat atau submit form pada halaman kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *