Syarat Rumah Sehat dalam Prinsip Sudut Pandang Desain Rumah

sudut pandang desain rumah

Sudut Pandang Desain Rumah – Sebagian besar orang berasumsi bahwa rumah yang sehat adalah rumah yang bersih dan terawat.  Pendapat ini ada benarnya, namun tak sepenuhnya tepat jika melihat persepsi rumah sehat dari sudut pandang desainnya. Desain rumah yang baik adalah yang juga memperhatikan sisi kesehatan penghuni di dalamnya. Rumah sehat ditinjau dari sudut pandang desain rumah memiliki beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah :

  1. Memiliki Ventilasi Udara

Memiliki ventilasi udara adalah salah satu syarat rumah sehat. Ventilasi udara berfungsi untuk mengalirkan keluar masuknya (sirkulasi) udara ke dalam rumah agar ruangan tidak pengap dan gerah. Sirkulasi udara yang dialirkan oleh ventilasi sudah cukup untuk menggantikan peranan AC dan kipas angin di dalam rumah. Dengan catatan bahwa ventilasi udara dalam sebuah rumah dirasa cukup dari segi jumlah berdasarkan kebutuhannya. Ventilasi udara dapat diletakkan tepat di atas jendela dan pintu. Ventilasi udara juga tidak harus selalu dibuat di atas jendela dan pintu. Dalam beberapa contoh desain rumah tertentu, ada pula ventilasi udara yang dibuat di dinding ruangan dan lain sebagainya.

  1. Pencahayaan dari Sumber Matahari

Rumah yang sehat salah satunya adalah rumah yang menyediakan ruang bagi masuknya cahaya matahari. Cahaya matahari pada hakikatnya adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Vitamin D yang sangat berguna bagi manusia juga terkandung dalam cahaya matahari pagi. Oleh karenanya desain rumah yang sehat adalah rumah yang memfasilitasi cahaya matahari agar bisa masuk ke dalam rumah. Jendela merupakan salah satu pintu utama masuknya cahaya matahari. Sebaiknya setiap ruangan terdapat jendela di dalamnya dengan ukuran lebar 50 cm dengan panjang menyeuaikan desain rumah anda.

  1. Memiliki Drainase

Drainase adalah prosesi pembuangan air limbah hasil manid, mencuci, dan lain-lain. Untuk mengalirkan air buangan ini sebaiknya menggunakan pipa PVC dengan ukuran dan kualitas yang baik agar mampu bertahan lama. Drainase juga sebaiknya ditutupi dengan plat beton agar dengan mudah dibersihkan jika sewaktu-waktu mengalami sumbatan.

  1. Tangga (Jika ada)

Bagi bangunan rumah berlantai dua atau lebih tentu membutuhkan tangga sebagai akses naik dan turun. Buatlah desain tangga yang tidak membuat anda merasa lelah ketika menggunakannya dengan memasang bordes pada tiap anak tangga. Void pada tangga hendaknya dibuat dengan ukuran lebih lebar dari tangga.

  1. Plavon

Plavon rumah sebaiknya dibuat dengan ketinggian 310 cm dari lantai rumah. Hal ini dimaksudkan agar volume ruangan terasa lebih longgar. Selain itu ketinggian plavon juga berfungsi sebagai peredam suhu panas ruangan yang berasal dari luar rumah.

  1. Terdapat Halaman Terbuka

Rumah yang baik dan sehat adalah rumah yang terdapat halaman terbuka baik halaman depan ataupun belakang. Meskipun tidak terlalu luas, halaman dapat menjadi salah satu penentu rumah anda sehat ataupun tidak. Halaman depan rumah dapat difungikan sebagai taman kecil berisikan tanaman hias dan pohon kecil. Tanaman dan pohon berfungsi sebagai penambah asupan oksigen bagi rumah sehat anda. Sedangkan halaman belakang rumah dapat difungsikan sebagai kebun kecil untuk menanam sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Menanam sayuran kini juga tak memerlukan lahan yang luas jika dilakukan dengan sistem hidroponik. Dengan adanya kebun kecil di halaman belakang rumah anda, selain tanamannya yang menjadi penghasil oksigen, kebutuhan gizi anda juga akan mudah dipenuhi.

Demikian beberapa syarat sudut pandang desain rumah sehat yang dapat dirangkum dalam artikel ini. hendaknya beberapa point tersebut direncanakan dengan matang ketika hendak membangun rumah dan menentukan desain rumah untuk hunian anda. Setelah upaya membangun rumah sehat di dilakukan, selanjutnya menjadi tanggung jawab anda sebagai penghuninya untuk merawat dan menjaga kebersihan rumah anda agar hunian anda menjadi hunian yang sehat dan nyaman untuk dihuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *