Penentuan Cahaya yang Tepat dalam Desain Rumah Anda

desain rumah anda

Rumah yang baik dan indah adalah rumah yang memperhatikan desain pencahayaan yang ada pada tiap ruangan-ruangannya. Seberapa penting aspek pencahayaan dalam urusan desain rumah anda? Seringkali kita menyaksikan rumah-rumah besar yang terkesan angker dan menakutkan yang ada disekitar kita. Pertanyaannya adalah apakah rumah tersebut kecil dan jelek? Jawabannya adalah tidak, justru rumah-rumah tersebut besar dan jauh dari kata jelek. Lalu apa yang membuat rumah besar itu terlihat seram dan angker? Jawabannya adalah pemiliknya kurang memperhatikan aspek pencahayaan dalam desain rumah miliknya. Karenanya menjadi penting untuk memperhatikan aspek ini dalam urusan desain rumah agar hunian anda terasa nyaman dan membahagiakan.

Ketepatan menata cahaya adalah faktor penting agar rumah anda menjadi lebih indah. Dibawah ini adalah tips penataan cahaya yang tepat agar rumah anda menjadi lebih indah dan nyaman :

Dalam hal mengatur pencahayaan desain rumah, perlu memperhatikan pemilihan sumber cahaya yang terdiri atas dua sumber diantaranya ialah :

  1. Desain Pengaturan Pencahayaan Ruangan Dengan Sumber Cahaya Matahari

Suber cahaya matahari yang masuk juga perlu dilakukan filterisasi. Tidak ada cahaya matahari yang masuk tentu tidak akan bagus untuk kesehatan dan rumah anda akan menjadi gelap. Terlalu banyak sinar matahari yang masuk ke dalam rumah anda juga akan berdampak tidak baik pula. Maka dari itu diperlukan upaya kontroling agar bisa mengatur seberapa besar volume cahaya matahari yang seharusnya masuk ke dalam rumah anda agar pencahayaan dari sumber matahari dapat dirasakan cukup. Caranya adalah dengan menggunakan tirai yang dapat diatur dengan mudah pada jendela rumah anda. Tirai yang digunakan sebaiknya berwarna teduh agar cahaya matahari yang masuk lewat jendela tidak dirasa terlalu terik. Satu hal yang tidak kalah penting adalah bahwa di awal anda melakukan bangun rumah dan desain rumah, anda harus menentukan posisi jendela yang tepat untuk dapat menangkap cahaya matahari ke dalam rumah dengan porsi yang cukup. Cahaya matahari juga masuk lewat fentilasi udara yang berada di atas pintu dan jendela. Upayakan agar ukuran serta letak fentilasi udara tepat guna dan efisien.

  1. Desain Rumah dalam Pengaturan Pencahayaan Ruangan dengan Lampu

Dalam mengatur pencahayaan lampu di dalam rumah, sebaiknya anda memilih jenis lampu yang paling cocok untuk kondisi ruangan desain rumah anda. Dalam peletakan lampu di ruangan rumah, anda perlu memilih apakah lampu diletakkan di tengah langit-langit, di sudut atas ruangan, di sisi tengah diding, atau dimana saja. pemilihan peletakan lampu ruangan dapat disesuaikan bergantung dengan desain rumah terutama dalam ruangan anda. Anda juga dapat melakukan variasi peletakan lampu dalam ruangan anda. Misalnya saja meletakkan lampu di atas meja di sudut ruangan, di tengah lampu utama (pada saat anda sedang bosan dengan lampu utama), menambahkan lampu fokus pada lukisan, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaan lampu ruangan tidak harus selalu menggunakan lampu yang bercahaya putih. Pilihlah warna lampu yang benar-benar sesuai dengan desain rumah dan warna cat di ruangan anda. Misalnya ruang kamar, belajar, dapur, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Setiap ruangan tersebut memerlukan sentuhan warna yang berbeda. Tapi tetap harus memilih satu warna yang dominan diantara warna-warna yang berbeda di setiap ruangan dalam rumah. Anda juga tidak perlu memilih warna lampu yang berbeda setiap ruangan dalam rumah anda. Lagi-lagi anda harus benar-benar bisa menentukan warna lampu yang tepat hasil dari penyesuaian dengan desain rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *