Membuat Desain Rumah Sendiri

desain rumah sendiri

Desain Rumah Sendiri – Rumah Anda tentunya lebih baik jika sesuai dengan selera Anda. Membuat desain rumah┬ásendiri bukanlah hal yang mudah, sehingga banyak orang yang menggunakan jasa orang lain untuk mendesain rumahnya. Jika Anda memiliki keterbatasan dana, tetapi ingin memiliki rumah yang sesuai dengan selera Anda, maka kami akan berikan tips untuk membuat desain rumah agar sesuai dengan selera Anda.

Berikut tipsnya:

  1. Sebelum Anda mulai desain rumah, lakukanlah kegiatan-kegiatan berikut ini untuk mencari inspirasi dan referensi mengenai tipe rumah yang Anda inginkan.
  2. Carilah inspirasi dengan berjalan-jalan

Bawa kamera digital Anda, ajak keluarga Anda berpergian, dan lihatlah rumah di sepanjang perjalanan yang Anda sukai. Ambillah gambar pada pagi atau sore hari sehingga tidak terlalu menyilaukan.

  1. Carilah referensi lewat media

Datangilah toko buku, lihatlah majalah properti mengenai desain rumah, tidak harus majalah baru, Anda juga bisa mencari inspirasi di toko buku bekas, dan amatilah model yang menarik hati Anda.

  1. Datangilah pameran property

Jika kebetulan ada pameran property, datangilah pameran tersebut. Amati model rumah yang menarik hati Anda, dan di pameran tersebut Anda juga bisa mengetahui desain properti terbaru yang sedang trend.

  1. Buat kliping gambar rumah yang Anda kumpulkan

Setelah Anda mengumpulkan gambar-gambar dari berbagai sumber, mulai dari foto, majalah, buku bekas, gambar dari pameran properti, dan lainnya, lalu buatlah menjadi satu buku kliping sehingga Anda bisa memperhatikan detailnya dengan baik.

  1. Mintalah pertimbangan keluarga

Setelah Anda membuat kliping tersebut, perlihatkanlah pada keluarga Anda. Tanyakan bagaimana pendapat mereka, dan diskusikanlah mengenai bentuk rumah dan ruang apa sajakah yang diperlukan para anggota keluarga.

  1. Tentukan data jumlah penghuni nantinya dan siapa saja

Mengetahui jumlah penghuni rumah nantinya sangatlah penting, terutama untuk pengaturan kamar tidur dan kamar mandi. Tidak hanya jumlah orang, tetapi data siapa saja orangnya juga dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan ruang setiap orangnya.

  1. Tentukan ruang apa saja yang akan dibuat beserta ukurannya

Setelah mengetahui jumlah dan siapa saja yang akan tinggal, maka Anda dapat menentukan ruangan yang dibutuhkan. Tentukan banyaknya ruangan yang dibutuhkan dan tentukan ukuran ruangan tersebut.

  1. Buatlah sketsa lahan pada kertas millimeter

Mulailah gambar pada millimeter block untuk membantu Anda dalam membuat skala perbandingan gambar dengan aslinya.

  1. Gambarlah garis bantu, untuk menandakan ruangan yang aka nada di rumah Anda

Gambarlah beberapa garis bantu untuk membantu Anda menggambar ruangan yang Anda butuhkan sesuai dengan skalanya.

  1. Lakukan trial and error untuk mengatur ukuran ruangan sesuai yang diinginkan

Aturlah ruangan yang Anda gambar agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pindahkan gambar ke HVS putih sehingga terlihat lebih rapi

Setelah Anda sudah memastikan sketsa Anda, maka pindahkan gambar ke kertas HVS putih sehingga terlihat lebih rapi

  1. Pertebal garis dinding, dan beri pintu (notasi ┬╝ lingkaran) dan jendela (notasi garis lurus)
  2. Tambahkan gambar perabot dan arsiran

Setelah Anda sudah menandai pintu, jendela, dan dinding, maka gambarlah perabot dan berilah arsiran, sehingga semakin memperjelas isi dari setiap ruangan yang ada.

  1. Evaluasi ulang, apakah sudah sesuai dengan prinsip hemat energy?

Semakin hemat energi, maka akan semakin murah biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rumah tersebut, terutama dari biaya listrik.

  1. Berilah warna sehingga semakin menarik dan indah

Semakin menarik gambar tersebut, maka semakin indah bukan? Dan Anda akan semakin yakin dengan desain dan denah yang anda buat sendiri.

Kiranya cukup untuk tips yang bisa anda ketahui untuk membuat desain rumah sendiri. Dengan harapan, konsep dan ide yang anda miliki bisa membuat tempat tinggal menjadi lebih nyaman dan sangat menarik dari penampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *