Tips Renovasi Rumah dengan Hemat

renovasi rumah dengan hemat

Renovasi rumah dengan hemat – Rumah merupakan kebutuhan semua orang. Rumah yang dihuni sebaiknya adalah rumah yang nyaman dan juga aman. Selama penggunaanya pasti sebuah rumah dapat saja mengalami perubahan. Yang dimaksud disini adalah perubahan atau penyusutan yang terjadi karena sudah bertambah lama dan tua. Kemungkinan lainnnya terjadi karena bahan baku material beubah karena terkena panas dan hujan dan menjadi mudah lapuk. Di saat seperti inilah maka dibutuhkan renovasi rumah. Namun renovasi rumah tidak hanya  dilakukan karena material rumah yang sudah berubah fungsi, namun bisa juga karena si pemilik rumah sudah bosan dengan interor rumah dan ingin merubah interior rumah menjadi lebih baik.

Renovasi rumah bisa saja memakan dana dan waktu yang tidak sedikit, oleh sebab itu diperlukan perencanaan yang matang dalam merenovasi rumah. Untuk menghemat pengeluaran yang berlebihan saat merenovasi rumah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat  merenovasi rumah.



  • Tentukan konsep tentang renovasi rumah secara matang

Sebelum memulai renovasi sebaiknya kita merencanakan terlebih dahulu bagian rumah yang mana yang ingin direnovasi, setelah melakukan perencanaan sebaiknya memulai konsep tentang merenovasi rumah. Mengkonsep apakah ingin dibongkar secara keseluruhan atau hanya sebagian. Apakah menggunakan material yang benar-benar baru atau menggunakan material yang lama atau bekas dan menggunakannya lagi. Dengan membuat konsep tentunya kita juga dapat memperkirakan budget yang perlu dikeluarkan. Selain itu dengan konsep juga memudahkan agar pekerjaan renovasi cepat selesai.

  • Tentukan bahan bangunan dan kualitas material bangunan yang akan digunakan

Dalam merenovasi rumah sebaiknya menentukan bahan bangunan yang akan digunakan. Sebaiknya menggunakan bahan material bangunan yang berkualitas, agar lebih awet dan tahan lama. Tidak semuanya harus benar-benar baru namun bisa juga anda menggunakan barang yang bekas apabila memang dana anda terbatas, tapi pastikanlah bahwa bahan bekas yang akan anda gunakan masih berkualitas baik dan akan tahan lama. Hati-hati dan jeli lah dalam melihat barang bekas tersebut.

  • Menghilangkan satu bagian pekerjaan renovasi rumah

Cara lain untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mengurangi satu bagian pekerjaan renovasi, sehingga renovasi akan lebih cepat dan juga lebih hemat. Contohnya : Tembok yang direnovasi tidak harus di plester sehingga tembok akan terlihat alami, misalnya contoh lain dengan mengecat tembok tanpa di plamur

  • Pemilihan cara pembayaran

Dalam membayar tukang ada dua cara yaitu membayar secara harian dan juga membayar secara borongan. Jikalau kita telah merencanakan secara matang mengenai konsep dan berbagai hal tentang renovasi maka akan leih baik membuat secara sistem borongan. Namun  apabila sebaliknya, konsep renovasi belum pasti dan tidak jelas sebaiknya menggunakan sistem harian untuk pembayaran tukang nya.

  • Pilih waktu yang tepat untuk renovasi rumah

Sebaiknya pilihlah waktu yang tepat untuk renovasi rumah, waktu yang tepat untuk renovasi adalah disaat musim panas. Sebaiknya jangan renovasi disaat musim hujan, karena tentunya akan kesulitan apabila tidak ada matahari dan hujan setiap hari. Bisa bisa ada bagian yang tidak bisa cepat kering dan membuat pekerjaan juga menjadi tidak maksimal.

Demikianlah beberapa tips dalam renovasi rumah dengan hemat dan tepat. Dengan melakukan tips diatas, pekerjaan renovasi menjadi mudah, selain itu didapat hasil  renovasi rumah yang maksimal dan juga sempurna. Semoga dengan tips di atas renovasi rumah dengan hemat anda akan menjadi sangat baik dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *