Apa Saja yang Harus Dicermati Sebelum Memilih Jasa Renovasi Rumah?

memilih jasa renovasi rumah

Ingin mengubah tampilan rumah Anda, tetapi tidak tahu seluk-beluk renovasi? Memilih jasa renovasi rumah bisa menjadi solusi termudah untuk memecahkan masalah tersebut. Sekarang ini, sudah banyak agen renovasi rumah yang tersebar di berbagai kota dan dapat Anda hubungi dengan mudah. Kendati demikian, memilih agen yang tepercaya bukan perkara mudah—apalagi kalau ini adalah kali pertama bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah.

Salah satu kendala yang sering dialami orang-orang yang sedang mencari agen renovasi rumah adalah rasa nyaman untuk bekerja sama. Komuniaksi yang baik akan membuat proyek berjalan lancar dari awal sampai akhir. Maka dari itu, Anda harus cermat dalam memilih dan tip di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menentukannya.

  • Rekomendasi dari Keluarga atau Teman

Jika daftar penyedia jasa dari majalah, koran, atau internet belum meyakinkan, mintalah rekomendasi kepada keluarga atau teman yang pernah melakukan renovasi. Anda juga bisa menanyakannya pada tetangga atau rekan kantor selama mereka memiliki informasi yang bagus. Kendati begitu, Anda tetap harus memeriksa terlebih dahulu reputasi dari agen yang bersangkutan. Jangan sampai Anda malah salah pilih dan membuat proses perombakan rumah terhambat.

  • Lakukan Seleksi Terhadap Beberapa Agen

Tip selanjutnya yang harus Anda lakukan saat akan memilih jasa renovasi rumah adalah seleksi atau tender kecil dengan beberapa agen. Jangan cepat puas kalau Anda baru menemukan satu agen, karena siapa tahu masih ada agen lain yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang tak kalah bagus. Di sisi lain, Anda juga harus mempersiapkan rincian kebutuhan secara akurat agar dapat dinegosiasikan segera dengan pihak pemborong atau kontraktor yang bersangkutan.

  • Mengunjungi Tempat Agen Renovasi Rumah

Jangan sungkan untuk menemui agen renovasi yang sudah Anda pilih untuk membicarakan pekerjaan dan budget yang sudah ditentukan. Supaya proses renovasi berjalan lancar, Anda tidak boleh ragu untuk menanyakan lebih lanjut tentang rincian yang kurang jelas atau berubah tanpa sepengetahuan Anda. Jika ada kebutuhan atau material renovasi yang harganya dapat ditekan, Anda juga bisa mengajukannya selama tidak mengganggu kesepakatan yang telah dibuat.

  • Mempertimbangkan Pengajuan dari Agen

Sebagian besar orang pasti menginginkan biaya murah dengan hasil maksimal. Namun, dalam hal ini, harga murah tidak selalu sesuai dengan hasil yang Anda inginkan. Maka kalau ada agen yang memberi pengajuan RAB dengan harga yang sangat murah, Anda jangan cepat tergiur. Periksa terlebih dahulu rincian yang mereka susun dan material yang digunakan untuk merenovasi rumah Anda. Jika perlu, periksa harganya langsung ke toko material supaya Anda memeroleh bayangan.

  • Tanya Informasi dan Detail yang Belum Jelas

Ada banyak informasi penting yang kadang tidak disampaikan oleh pihak agen jasa renovasi rumah. Jadi, dalam hal ini, Anda harus mau jeli sendiri. Salah satu hal krusial yang perlu Anda tanyakan adalah perawatan dan garansi saat proses renovasi selesai. Tarif terjangkau dari beberapa agen biasanya muncul karena mereka akan menerapkan biaya tambahan begitu proyek dijalankan. Daripada Anda menyesal karena adanya pembengkakan biaya, lebih baik buat semuanya jelas sejak awal.

  • Mengetahui Proyek yang Sudah Ditangani Agen

Masih belum yakin atau butuh bukti tambahan? Anda dapat meminta hasil pekerjaan yang sebelumnya sudah ditangani agen renovasi tersebut. Agen yang sudah mempunyai pengalaman banyak tentunya tak akan segan untuk memperlohatkan sebagian pekerjaan terbaik mereka. Dari dokumen seperti foto atau artikel, Anda dapat mengetahui kualitas mereka. Jika memungkinkan, datangi rumah atau bangunan yang pernah mereka tangani.

  • Mempelajari Garansi yang Diberikan Agen

Seperti yang telah disebutkan, garansi merupakan hal penting yang perlu Anad periksa saat memilih agen renovasi rumah. Pastikan apakah kontraktor yang Anda pilih memberikan perawatan cuma-cuma kalau ada kerusakan yang terjadi setelah renovasi. Beberapa masalah kadang muncul setelah proses renovasi rumah. mulai dari dinding yang tampak lembap disertai bercak-bercak hingga kebocoran atap saat musim hujan berlangsung.

Semoga tip memilih jasa renovasi rumah ini bermanfaat! Hubungi kami mengenai seputar renovasi rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *