7 Desain Interior Unik Dari Jepang Untuk Desain Rumah Impian

desain interior unik

Desain interior unik negara Jepang termasuk salah satu negara di Asia yang banyak memiliki ragam desain interior Unik dan menarik untuk ditiru. Meski demikian, sebelum meniru desain yang tersedia, para pemilik rumah sebaiknya memperhitungkan beberapa hal seperti:




  1. Tipe pencahayaan rumah. Dalam hal ini, anda sebagai pemilik rumah harus memperkirakan peletakan lampu agar pada saat siang maupun malam, pencahayaan yang diberikan terasa maksimal.

  2. Luas ruangan dalam area. Ketika Anda ingin mendesain interior rumah Anda dengan tema tertentu, perhatikan luas ruangan yang Anda miliki untuk menentukan pewarnaan maupun sistem peletakan perabot.

  3. Jenis perabot. Ketika ingin mendesain bagian dalam area rumah, pastikan Anda memahami jenis bahan perabot yang Anda beli agar bahan lain yang akan dikombinasikan tidak terlihat sangat kontras.

  4. Pelengkap interior. Interior sebuah rumah bisa terlihat maksimal apabila, bagian luar dari rumah tersebut juga dilengkapi aksesoris yang memperkuat tampilan hunian. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan apakah akan menambah pelengkap lain di area luar bangunan, seperti jalan setapak, pilar, maupun komponen lainnya.

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, berikut adalah beberapa desain interior asal Jepang yang bisa dijadikan sumber inspirasi Anda dalam mendesain rumah impian.

Ghost desain

Meski namanya terkesan seram, ghost design umumnya bisa digunakan untuk menciptakan kesan ruang yang luas dan dingin. Anda bisa mengkombinasikan warna hitam dan putih di sebagian besar area dalam rumah yang dikombinasikan dengan sedikit perabot. Tema ini juga bisa memberi kesan luas untuk rumah yang memiliki banyak lorong.

Desain path

Jika Anda memiliki bangunan rumah yang terdiri dari dua atau tiga lantai. Anda bisa mencoba teknik desain path yang mengedepankan permainan sudut ruangan. Anda bisa meletakkan barang maupun perabot menempel pada sudut tangga yang dibuat dengan desain melayang. Teknik ini membuat ruang yang awalnya sempit terlihat lebih luas dan bersih. Untuk membuat kesan hidup dan segar pada ruangan, Anda bisa menambahkan aksesoris pot berisi pohon di sudut ruangan maupun akuarium ikan berukuran kecil.

Desain Ying dan Yang

Sesuai dengan namanya, desain ini mengedepankan tema keseimbangan. Oleh karena itu, Anda harus pintar memilih desain yang menggambarkan kekontrasan tetapi saling melengkapi satu sama lain. Secara umum, desain seperti ini diciptakan dengan menggabungkan beberapa perabot maupun komponen yang terbuat dari elemen alam, seperti batu kali, batu pualam, rotan, kayu mahoni, kertas, dan lainnya.

Desain mineral

Di Jepang ada sebuah rumah mineral yang dipopulerkan oleh Studio Tekuto dan untuk kondisi perumahan maupun apartemen di Indonesia, Anda bisa mengadopsi desain interior didalamnya yang mengedepankan perabot kayu dan pemilihan metal untuk memaksimalkan penyerapan cahaya. Untuk memberi kesan luas dan modern, Anda bisa menggunakan perabot meja maupun tempat tidur yang bentuknya menempel pada dinding.

Desain prisma

Jika Anda ingin membangun rumah yang ramah lingkungan dan menghemat listrik, Anda bisa mencoba desain prisma yang secara umum memakai kaca dan rotan sebagai komponen utama. Untuk beberapa sudut, Anda bisa mengkombinasikan kaca dengan kerai untuk meminimalisir panas menyengat di siang hari dan menyimpan panasnya untuk malam hari. Desain prisma ini umumnya akan terkesan lebih modern jika didalamnya ditambah dengan perabot metal yang dipadukan dengan lampu-lampu kristal.

Rumah laut

Meski desain yang diusung hampir sama dengan teknik desain coastal, model rumah laut umumnya bisa diterapkan maksimal apabila rumah yang bersangkutan terletak di tepi laut. Pola ini dapat diterapkan dengan mengombinasikan perabot kaca serta kayu yang ditata menghadap kearah laut lepas ditambah pot tumbuhan hijau didalam rumah..

Rumah taman

Apabila Anda memiliki rumah bertingkat yang bagian atasnya kosong, tak ada salahnya mengganti fungsinya menjadi lahan hijau atau taman dengan menambahkan beberapa tanaman bunga. Anda juga bisa menambah tanaman hias dengan jenis tanaman rambat yang menjulur ke bagian bawah untuk membuat rumah terkesan dingin dan asri. Semoga dengan bahasan diatas, Anda mendapat inspirasi untuk mengubah desain interior unik rumah anda yang sebelumnya dengan desain yang lebih inovatif dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *