Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

menghemat biaya renovasi

Melakukan penghematan biaya renovasi dapat  menjadi kunci keberhasilan renovasi berbiaya rendah. Ada banyak celah  untuk menghemat  biaya renovasi. Salah satunya dengan pemilihan material murah. Teknologi material bangunan yang terus berkembang  turut membantu memberikan banyak alternatif pilihan. Sebagian hadir dengan harga yang lebih tinggi, tetapi praktis serta menghemat tenaga dan waktu. Sebagian lagi hadir dengan harga terjangkau, meski kualitasnya sedikit lebih rendah.



Memilih Material

Keputusan menghemat biaya renovasi berada ditangan anda dalam menentukan jenis material yang akan digunakan. Jika ragu, mintalah bantuan arsitek atau kontraktor untuk memberi referensi. Info material dari brosur atau internet juga cukup membantu. Sebagai contoh, material dinding sekarang tidak hanya terbatas pada bata. Selain batako, juga ada bata ringan ( hebel ). Bata ringan atau hebel memang relatif lebih mahal dari bata. Namun jika ditengok dari sisi pengerjaan , bata ringa atau hebel hampir 2 kali lipa lebih cepat dipasang dibanding bata biasa. ini tentu dapat menekan biaya tukang.

Menghemat Waktu

Contoh lain adalah pelapis lantai berupa vinyl. Vinyl memiliki beragam motif, mulai dari floral hingga kayu. Dibanding parket kayu, lembaran vinyl dengan motif serupa dapat lebih murah hingga 50%. Namun, tingkat keawetan vinyl tidak sebagus parket. Selain itu, masih banyak contoh material alternatif, seperti dak keramik komposit beton ( keraton ) sebagai pengganti dak beton becor, semen instan, atap metal lembaran, dan rangka baja atap. Material-material tersebut dapat menghemat waktu karena pemasangannya yang lebih mudah.

Disamping material pengganti, cara menghemat dana dapat dilakukan dengan kreasi finishing. Bata ekspos pada dinding rumah terbukti mampu mengirit dana berupa biaya plester dan acian dinding. Finishing lantai cor beton juga lebih murah ketimbang lantai keramik. Sebagai pagar, bambu juga lebih murah ketimbang cor beton atau besi tempa.

Mengetahui Cuaca

Diluar material, cara menghemat dana renovasi dilakukan dengan menentukan waktu renovasi. Waktu renovasi yang tepat untuk renovasi skala besar adalah menjelang akhir musim hujan, saat musim hujan masih turun dengan intensitas kecil. Pada saat tersebut, ketika pasangan bata sedang dikerjakan, ikatan antarbata menjadi kuat karena lembab. Jika terlalu kering, pasangan bata yang baru dibangun justru mudah retak. Ketika pekerjaan atap dimulai maka sudah memasuki musim kemarau. Pekerjaan finishing setelahnya juga tidak terhambat hujan.

Finishing

Dari sisi tata ruang, menghemat biaya dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah sekat antar ruang. Ruang-ruang yang berada di zona publik, seperti ruang tam, ruang keluarga, dan ruang makam dapat didesain dalam satu ruang saja. Meniadakan 1 dinding sama dengan meniadakan pondasi, sloof, bata, ring balk, hingga plester dan cat dinding.

Demikian penjelasan untuk menghemat biaya renovasi rumah agar dapat membantu anda melakukan penghematan sebelum rencana renovasi rumah. Pilihlah kontraktor yang berpengalaman dan jujur saat renovasi rumah atau bangunan. Griyarenovasi.com adalah jasa renovasi rumah yang murah dan terpercaya sejak 1998 dan sudah terbukti kualitas hasil yang bagus. Selain murah Griyarenovasi.com hanya menghitung berdasarkan bangunan atau ruangan yang direnovasi bukan menghitung luas bangunan keseluruhan.Hubungi kami untuk penjelasan lebih detail.

 

sumber : yogi suwandaru & yusuf fathur ( puspa swara )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *