Langkah Memulai Renovasi

langkah memulai renovasi

Tersendatnya Waktu merupakan hal yang sering dijumpai dalam proses renovasi rumah. Padahal, ini dapat berdampak pengeluaran dana ekstra. Penyebab keterlambatan langkah memulai renovasi adalah  perencanaan yang kurang  matang. Alhasil, proyek harus berhenti, bangun ulang, atau terhambat masalah teknis lain. Agar tidak terjebak dalam dalam masalah, Anda perlu mempersiapkan rencan renovasi secara runtut dan tuntas. langkah memulai renovasi perencanaan harus terorganisir sehingga kendala-kendala yang mungkin terjadi sudah dapat diantisipasi sejak dini.



Berikut ini tip langkah-langkah untuk memulai renovasi dan penjelasan secara runtut yang perlu dilakukan.

Tahap pra-desain

Diskusikan dengan keluarga mengenai area yang menjadi prioritas renovasi. Selanjutnya, tentukan dana maksimal yang disediakan untuk renovasi. Sebaiknya, sisakan 10 – 20% dana sebagai cadangan.

Tahap desain

Utarakan semua kebutuhan dan keinginan Anda kepada arsitek atau desainer interior. Mereka akan menyaring informasi dari anda sebagai pertimbangan desain. Jangan segan memberi batasan dana. Arsitek atau desainer interior akan memberikan gambar kerja sesuai kebutuhan renovasi dan dana yang tersedia.

Tahap persiapan

Pada tahap ini,temukan kontraktor yang akan membangun. Negosiasikan harga dan buat perjanjian tertulis. Jika dana terbatas, mandor dapat menjadi pilihan mengganti kontraktor, terutama untuk renovasi skala kecil. Gunakan rekomendasi dari teman atau saudara untuk memilih mandor atau bisa juga menghubungi kami www.griyarenovasi.com untuk mengerjakan. Pada tahap ini, Anda juga dapat memulai membenahi rumah yang akan direnovasi, seperti memindah furnitur ke ruang lain atau pindah kontrakan sementara.

Tahap renovasi

Dimulai dengan melakukan pembongkaran pada titik-titik yang sudah ditentukan. Pilah material bongkaran yang akan dibuang, dipakai kembali, atau dijual. Setelah itu, pekerjaan struktur, seprti pondasi, kolom, dan balok dapat dimulai. Selanjutnya adalah pekerjaan arsitektur, dinding, lantai, dan plafon. Pekerjaan mekanikal elektrikal berupa pemasangan instalasi air, listrik, dan elektronik menjadi tahap berikutnya. Pekerjaan finishing menjadi penutup, seperti pengecatan, pemasangan wallpaper, hingga pengaturan tata letak furnitur.

Tahap pasca renovasi

Tahap ini lebuh kepada pembersihan alat, material, dan lokasi renovasi secara keseluruhan. Alat kerja, seperti kuas, rol, paku, ampelas, kawat, dan potongan kayu yang masih dapat digunakan dibersihkan dari kotoran, lalu disimpan dengan rapih. Untuk wadah cat dapat digunakan sebagai pot atau tempat air. Jangan lupa mencatat kode nomer dan merek cat jika ingin mengecat ulang dengan warna yang sama.

Kalender kerja renovasi :

  • Tahap pradesain: waktu yang diperlukan sekitar 1 sampai 3 minggu. Khusus untuk pengumpulan dana dapat dimulai 6 – 12 bulan sebelumnya.
  • Tahap Desain : waktu yang diperlukan sekitar 1 – 2 bulan. ini juga tergantung dari waktu yang diperlukan klien untuk berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior. Biasanya revisi dibatasi 2 – 3 kali agar konsep desain yang diminta klien tidak terus berubah.
  • Tahap persiapan : waktu yang diperlukan sekitar 2 – 3 minggu untuk pengepakan barang dan pindah rumah secara bertahap.
  • Tahap renovasi : waktu yang diperlukan sekitar 1 – 6 bulan, tergantung dari jenis renovas. Anda juga dapat meminta bantuan kontraktor untuk membuatkan jadwal kerja gar mudah memantau.
  • Tahap pasca renovasi : waktu yang diperlukan sekitar 1 minggu. Selain untuk membersihkan lokasi, alokasi waktu tersebut juga digunakan menghilangkan bau cat.

Demikian langkah memulai renovasi yang harus dipersiapkan dan dimengerti sebelum renovasi.

Griyarenovasi.com Jasa renovasi dan bangun rumah murah yang terpercaya sejak 1998.

sumber : yogi suwandaru & yusuf fathur ( puspa swara )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *